Puan di forum IPU meminta negara maju membantu dunia dalam transisi energi bersih

SUARAREPUBLIK.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani pada forum parlemen dunia Inter-Parliamentary Union (IPU) di Nusa Dua, Bali, meminta parlemen negara maju untuk membantu transisi negara berkembang ke energi bersih.
Pasalnya, transisi ke energi bersih membutuhkan dukungan teknologi dan investasi yang tidak murah.
“Transisi energi bersih di negara berkembang juga membutuhkan dukungan teknologi dan investasi,” kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima di Bali, Rabu.
Karena itu, Puan yang tahun ini memimpin sidang IPU meminta negara-negara anggota mengambil tindakan nyata untuk mengurangi dampak perubahan iklim.
“Tidak cukup hanya dengan membuat komitmen dan kesepakatan internasional. Namun, komitmen ini perlu kita terjemahkan ke dalam aksi nyata di dalam negeri. DPR memainkan peran kunci dalam hal ini,” kata Puan.
Sidang Majelis ke-144 IPU di Bali International Convention Center ( BICC) Nusa Dua yang diselenggarakan pada 20–24 Maret 2022 menjadikan isu iklim sebagai isu utama
Sidang Majelis IPU tahun ini bertema “Getting to Zero: Mobilizing Parliaments to Act on Climate Change”
dalam sambutannya saat memimpin Dewan Pengurus, Puan mengajak anggota parlemen dari Persatuan Antar Parlemen (IPU) untuk merealisasikan komitmennya mengalokasikan anggaran dana iklim hingga US$ 100 miliar atau Rp 1.434 triliun per tahun.
program dan kebijakan yang ditujukan untuk mengatasi dampak perubahan iklim dan menekan pemanasan global di negara masing-masing.
”Perubahan iklim merupakan krisis bagi keberadaan Planet Bumi. Pemanasan bumi telah terjadi lebih cepat dari sebelumnya. sebelumnya. Hari ini, Bumi 1,1 derajat Celcius lebih hangat daripada di awal abad terakhir. Jika emisi dunia tidak dikurangi sebesar 7,6 persen per tahun dari 2020 hingga 2030, maka dunia tidak akan mencapai target pemanasan global 1,5 hingga 2 derajat Celcius,” kata Puan saat pertemuan.
Oleh karena itu, Puan mendesak forum parlemen dunia untuk memenuhi janjinya mengalokasikan anggaran untuk aksi iklim.suararepublik.com
Selain itu, Puan juga meminta forum parlemen dunia untuk memobilisasi aksi yang bertujuan mencegah dan beradaptasi dengan dampak perubahan iklim.
“Dan kita harus mendukung transisi energi bersih dengan transfer teknologi dan investasi,tersebut Puan yang menjabat sebagai Presiden Majelis ke-144 IPU menyarankan kepada anggota agar ada penguatan kemitraan global dan kerja sama multilateral, mewujudkan komitmen berbagai perjanjian internasional ke dalam tindakan nyata dalam negara masing-masing, dan membangun budaya damai ( culture of peace) yang mendorong dialog, toleransi, dan non-kekerasan.
”Keempat, perlunya parli amen untuk berperan aktif dalam menjembatani perbedaan antar negara dan berusaha membangun rasa saling percaya,” kata Puan.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Puan di forum IPU meminta negara maju membantu dunia dalam transisi energi bersih“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment