Ketahui 5 Penyakit Kuku Mencerminkan Kesehatan Tubuh

SUARAREPUBLIK.COM – Seiring bertambahnya usia, kuku akan menjadi lebih tebal atau bahkan lebih rapuh bahkan mengalami perubahan. Namun, perubahan ini umumnya tidak berbahaya dan dapat dikelola dengan perawatan rumah sederhana.
Jika perubahan yang dialami berujung pada penyakit kuku, kondisi ini tentu tidak bisa diabaikan dan harus mendapat perawatan medis.
Pada kasus yang lebih parah, penyakit kuku dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang serius. Penyakit kuku tidak boleh dianggap enteng.
Ini karena beberapa penyakit kuku bisa menjadi pertanda penyakit serius. Berikut beberapa penyakit kuku yang menandakan adanya gangguan kesehatan pada tubuh:

Leukonychia

Leukonychia ditandai dengan adanya garis atau titik putih yang tidak beraturan pada kuku. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan sering disebabkan oleh benturan pada kuku.
Namun, leukonychia terkadang dikaitkan dengan kesehatan yang buruk atau kekurangan nutrisi yang disebabkan oleh penyakit menular, gangguan metabolisme, atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Koilonychia

Koilonychia adalah kondisi ketika kuku melengkung ke luar, membentuk bentuk seperti sendok. Penyakit kuku juga bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit lain, seperti masalah jantung, lupus, anemia defisiensi besi, dan hipotiroidisme.

Jari

Kondisi ini ditandai dengan kuku yang mengeras dan membulat di sekitar ujung jari, sehingga menyerupai perkusi. Penyakit ini umumnya dapat terjadi karena rendahnya kadar oksigen dalam darah dalam waktu lama, radang usus, dan gangguan pada jantung, hati, dan paru-paru.suararepublik.com

Yellow Nail Syndrome

Kondisi ini menyebabkan kuku menjadi lebih tebal dan tumbuh lebih panjang dari biasanya. Dalam beberapa kasus, bisa jadi kuku tidak memiliki kutikula dan bahkan terlepas dari jari.
Sindrom kuku kuning dapat disebabkan oleh pembengkakan saluran getah bening, rheumatoid arthritis, gangguan pernapasan seperti sinusitis dan bronkitis kronis, dan penumpukan cairan di paru-paru.

Mees line

Kondisi ini ditandai dengan adanya garis putih di sepanjang kuku dan bisa menjadi tanda seseorang mengalami keracunan arsenik. Untuk memastikannya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes darah.
Dengan mengenali sejumlah penyakit serius yang ditandai dengan perubahan pada kuku, Anda harus selalu bisa menjalani hidup sehat dengan pola makan yang teratur dan istirahat yang cukup.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Ketahui 5 Penyakit Kuku Mencerminkan Kesehatan Tubuh“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment