Facebook Ubah Nama Menjadi Meta dengan Visi Kuasai Metaverse: Ready Player One Terwujud?

SUARAREPUBLIK.COM – Nama baru Facebook telah diumumkan. Perusahaan Mark Zuckerberg akan mengubah namanya menjadi Meta. Meta akan mengemban misi besar Zuckerberg dalam membangun ekosistem metaverse. Apa itu? Pernahkah Anda menonton film Ready Player One?
Perubahan nama ini berarti Facebook bukan lagi nama perusahaan secara keseluruhan – yang semula juga membawahi Instagram dan WhatsApp – tetapi hanya merek anak perusahaan yang mengoperasikan layanan media sosial dengan nama yang sama.
Zuckerberg membuat pengumuman ini secara langsung di tengah-tengah realitas virtual dan augmented reality Facebook ConnectMenurut Zuckerberg, ini sejalan dengan fokusnya yang berkembang ke arah metaverse, yang mengacu pada upaya untuk menggabungkan virtual dan augmented reality ranah secara online .
Selain lebih mencerminkan ambisi masa depan perusahaan, rebranding juga dipandang efektif dalam merombak reputasi Facebook, setelah serangkaian mimpi buruk tentang mengelola perusahaan, gagal moderasi konten dan stres tentang efek negatif Facebook pada kesehatan mental beberapa pengguna.
“Saya sudah banyak berpikir tentang identitas kami saat kami memulai bab berikutnya. Facebook adalah salah satu produk yang paling banyak digunakan dalam sejarah dunia,” kata Zuckerberg.
Menurut Zuckerberg, meskipun Facebook adalah merek media sosial yang ikonik, citra merek Facebook tidak pernah benar-benar menggambarkan apa yang dia dan anggota tim lainnya lakukan.
“Hari ini kami terlihat sebagai perusahaan media sosial … tetapi dalam DNA kami, kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk menghubungkan orang-orang. Dan metaverse adalah perbatasan berikutnya, sama seperti jejaring sosial ketika kami memulai.”

Apa itu metaverse?

Selain mengumumkan perubahan nama perusahaan, Zuckerberg pada acara tahunan tersebut juga mengungkapkan inovasi dan penelitian terbaru terkait augmented reality dan virtual reality. Zuckerberg juga mengungkapkan lebih banyak tentang visinya tentang metaverse. Pada dasarnya metaverse adalah konsep baru yang menggabungkan teknologi augmented reality dan virtual reality dalam platform online.
Mengutip Wall Street Journal, Facebook menunjukkan serangkaian video konsep yang menyoroti visinya untuk metaverse, seperti mengirim gambar holografik diri Anda ke konser, dengan teman di kehidupan nyata, duduk di sekitar meja konferensi virtual dengan rekan kerja jarak jauh, atau bermain permainan yang imersif. dengan teman-teman.
Dalam pengertian yang lebih umum, metaverse adalah dunia virtual yang dirancang menyerupai dunia nyata. Metaverse memiliki tanah, bangunan, dan avatar yang bisa dibeli dan dijual. Sejauh ini metaverse juga aktif dalam perekonomian dalam rangka penggunaan cryptocurrency.
Konsep metaverse ini bukanlah hal baru. Novel Snow Crash tahun 1992 karya Neal Stephenson mengangkat kisah perjalanan metaverse sepasang kurir untuk menyelamatkan diri dari distopia kelas kapitalis.
Konteks budaya pop yang lebih kontemporer digambarkan dalam film Ready Player One karya Steven Spielberg. Film ini menggambarkan metaverse dalam konteks yang lebih modern, menggambarkan kehidupan dunia maya yang lebih seru dari dunia nyata.
Ready Player One, sejak rilis tahun 2018 lalu, langsung meramaikan diskusi tentang masa depan baru umat manusia, tentunya dalam konteks yang lebih dramatis. Tetapi dari sudut pandang teoretis, futuris mendefinisikan sejumlah karakteristik utama metaverse.suararepublik.com

  1. Persistent
    Artinya metaverse berjalan tanpa jeda, reset, dan end
  2. Realtime
    Metaverse bisa mengalami realtime meskipun kejadian di ruang metaverse sudah dirancang sebelumnya
  3. Ekonomi
    Metaverse juga berfungsi secara ekonomis. Sejumlah aktivitas jual beli, layanan, dan transaksi produk dapat dilakukan dengan blockchain.
  4. Terbuka untuk penggunaRuang metaverse akan terbuka untuk pengguna. konsumen hendak berfungsi penuh selaku donatur konten terbanyak.Inilah yang membedakan metaverse dari jagat digital, di mana konten dibuat bersama oleh perusahaan dan pengguna.
  1. Menjembatani dunia maya dan dunia nyata
    Kita akan lebih terhubung dengan dunia digital dalam konsep full experience. Ya, teknologi ini akan menghubungkan dunia maya dengan dunia nyata melalui digitalisasi tautan koordinat grafik yang sebenarnya. Ini seperti Pokemon Go pada level yang jauh lebih gila.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Facebook Ubah Nama Menjadi Meta dengan Visi Kuasai Metaverse: Ready Player One Terwujud?“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment